Minggu, September 06, 2009

Manfaat Madu

Siapa yang tak mengenal madu? Cairan yang disukai oleh kumbang ini ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan tentu saja kecantikan bagi kaum hawa. Nah, apa saja sih manfaat yang dihasilkan madu bagi tubuh? Berikut jawabannya.

1. Zat pembunuh bakteri dalam madu yang dipanaskan kemudian dioleskan ke luka bisa mencegah infeksi. Menurut National Honey Institute, Amerika Serikat, madu yang juga sumber glukosa dan fruktosa bermanfaat mengurangi kelelahan. Selain itu juga bisa meringankan tenggorokan yang sakit.

2. Merupakan sumber antioksidan yang baik sehingga bisa mencegah kanker dan penyakit jantung.

3. Madu yang dilarutkan dalam air membantu meringankan sakit perut dan dehidrasi.

4. Oleskan madu ke kulit bisa menghilangkan gatal-gatal akibat gigitan serangga.

5. Untuk mengatasi sakit kepala, tiga sendok makan madu bisa amat membantu.

6. Minum madu satu sendok teh tiga kali sehari bisa mengatasi gangguan perut, mencegah demam dan flu.
http://www.maitreya.or.id/forums/archive/index.php/t-253.html

7. Antioksidan endogen yang berasal dari madu merupakan unsur yang diproduksi tubuh untuk menghalau radikal bebas penyebab munculnya penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya lagi.
http://www.kompas.com/index.php/read//xml/2008/04/21/16351732/halau.kanker.dengan.sesendok.madu

Madu telah dikenal sejak dulu kala memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan dapat digunakan sebagai sumber energi pengganti gula.

Madu Hutan Kalimantan merupakan madu hutan asli yang dihasilkan oleh lebah madu hutan (apis dorsata) yang mengambil nektar (cairan manis pada bunga) dari beragam pohon (multi floral) di hutan tropis sekitar Taman Nasional Danau Sentarun (TNDS), Kalimantan Barat.

Salah satu pohon favorit lebah madu hutan adalah lalau, pohon yang tinggi besar dan rindang. Di pohon ini dapat ditemukan sekitar 100 koloni lebah yang bisa menghasilkan 1,5 ton madu.

Kelebihan Madu Hutan Kalimantan adalah:

o Di bawah bimbingan Jaringan Madu Hutan Indonesia (JMHI), kelompok petani madu (periau) di TNDS menggunakan sistem panen lestari yang ramah lingkungan, yaitu hanya memotong sebagian sarang lebah dan meninggalkan sisanya untuk mencegah berkurangnya populasi lebah.
o Proses penyaringan tiris yang dilakukan periau membuat kotoran tidak larut bersama madu, sehingga lebih higienis dan menjaga kemurnian madu yang dihasilkan
o Memperoleh sertifikasi madu organik yang dikeluarkan oleh BioCert (http://www.terranet.or.id/mitrae.php?klik=36)
o Sumber pakan lebahnya berasal dari hutan alam, sehingga belum tercemar oleh zat-zat kimia dari tanaman yang dibudidayakan. Ini yang membedakan dengan lebah madu yang dibudidayakan di areal perkebunan atau pertanian. Dengan adanya sertifikasi organik untuk lebah madu hutan dari Danau Sentarum ini, diharapkan akan mendongkrak harga jualnya
http://www2.kompas.com/ver1/Iptek/0704/24/152633.htm

Di samping bermanfaat bagi kesehatan, Madu Hutan Kalimantan juga turut memberikan kontribusi dalam pelestarian lingkungan, mencegah penebangan hutan secara liar di sekitar TNDS, dan memberikan kontribusi ekonomi bagi masyarakat di sekitar TNDS.

Madu Hutan Kalimantan bisa didapatkan di 22 kota di Indonesia dengan harga Rp 90.000 per 300 gram.
Informasi outlet resmi silakan reply pesan ini atau SMS/Call ke 021-92319175 (Rumadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar