Jumat, Juli 06, 2012

SURAT TILANG MERAH ATAU BIRU?

Pagi jam 8  saya cepat-cepat keluar kosan di Jatayu, kebayoran lama menuju ke Pengadilan Negeri di Jalan Gajah Mada Jakarta Pusat karena mau menghadiri sidang tilang. Hehehe saya kena tilang di Jalan Layang Jl. Letjen Suprapto mau ke Cempaka Putih dua minggu yang lalu. Saya memang salah sih tapi saya merasa dongkol karena kesalahn saya karena saya tidak melihat ada rambu motor dilarang naik jembatan layang, yang saya lihat hanya tanda arah; yang sebelah kiri ke Kemayoran dan yang disebelah kanan (naik jembatan) ke Cempaka Putih maka saya pilih naik jembatan karena memang mau ke Cempaka Putih, gak lama setelah turun jembatan beberapa polisi telah siap menjegat saya dan pengendara motor lainnya, akhirnya saya kena deh! Kata Polisi," Maaf Pak Bapak melanggar lalau lintas, motor tidak boleh lewat sini (naik jembatan), saya sempat berargumen dengan Polisi, saya bilang, " Pak maaf saya gak tahu dan saya tidak lihat tanda larangannya", Kata Polisi," Ada tandanya di sebelah kiri jalan", kata saya, "Sebesar apa tandanya?" Jawab Polisi, " Tuh! sambil menunjuk tangannya ke depan sebelah kiri saya", Kata saya," Itu kecil Pak, gak kelihatan,", Jawab Polisi," Itu tanggung jawab Dishub, kami hanya pelaksana saja". Dari sini saya dapat memberikan kesimpulan bahwa memang polisi mengakui kalau tanda larangannya kurang jelas sehingga banyak pengendara yang terjebak terutama bagi pengendara yang baru ke Jakarta. Akhirnya saya ditilang dan Polisi memberi surat tilang kepada saya, saya disuruh datang ke sidang di Pengadilan Negeri di Jalan Gajah Mada tgl 6 Juli hari Jumat jam 9 pagi. Saya terima suratnya dan SIM saya ditahan, setelah itu saya langsung tancap gas sambil merasa dongkol.
Ngomong-ngomong masalah surat tilang, saya pernah baca di Facebook dan pernah tanya-tanya juga ke temen katanya kalau kita ditilang kita minta surat tilang biru jangan merah terus cari ATM dan bayar dendanya memalui bank yang ditunjuk. Karena katanya surat tilang biru itu menunjukkan kalau kita salah dan melanggar lalulintas kemudian kita membayar denda melalui bank yang ditunjuk sedangkan surat merah adalah surat tilang karena melanggar lalulintas dan kita tidak mau mengakui kesalahan  makanya disuruh datang ke sidang di pengadilan. Waktu saya ditilang tadi sebenarnya saya teringat dengan surat biru ini tapi saya urungkan niat karena saya masih merasa belum yakin dengan berita kebenarannya.

Berlanjut dengan cerita saya di awal pagi-pagi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan harapan saya ingin tahu kalau sidang tilang di Pusat bagaimana dan ingin merasakan jadi terdakwa dan di sidang di depan hakim hehehehhehe. Ternyata dan eh ternyata sama saja dengan proses sidang-sidang lainnya ( hehehe maklum sebelumnya saya pernah kena tilang dengan kasus yang sama hehehe coba bela diri, salah mah salah weh ceuk orang Sunda mah). Sesampai di depan lokasi di sana nampak beberapa calo yang siap menerkam mangsanya salah satunya saya, seorang calo menghampiri saya sambil bilang  tilang SIM, STNK Pak ? saya bilang saya mau langsung ke dalam. Saya langsung masuk ke gedung Pengadilan tanpa menghiraukan si calo tadi. Karena baru pertma kali saya ke sini saya tanya ke petugas di mana tempat sidang tilang, katanya di lantai 2. Saya langsung naik ke lantai 2 dan ternyata tidak ada sidang, yang ada adalah menyerahkan surat tilang, ambil SIM yang ditahan dan bayar dendanya. Saya bayar Rp.75.000,- (melanggar pasal 287 ayat 1 dengan sanksi kurungan 2 bulan atau membayar denda maksimal Rp.500.000 hayo pilih yang mana????).

Setelah saya bayar denda dan mendapatkan SIM saya, saya langsung pulang. Sebelum sampai ke tempat parkiran saya iseng mau tanya-tanya ke Polisi wanita yang kebetulan sedang bertugas di depan gedung Pengadilan. Saya bertanya tentang surat tilang merah dan biru, jadi saya ingin dengar langsung dari polisi. Kata Polwan menjelaskan kalau kartu tilang merah bayar dendanya di sidang di pengadilan dan lebih murah karena manusiawi katanya (manusiawi gimana jangn-jangn uang dendanya dikorupsi heheh) berbeda kalau terima tilang biru, sipelanggar harus setor ke bank sejumlah minimal Rp.200.000, ini kalau terkena satu pasal kalau melanggar dua pasal maka setornya double. Jadi, sudah jelas kalau ditilang lebih baik terima kartu tilang merah dan datang ke sidang dari pada terima kartu biru. Setelah saya mendapatkan jawaban yang jelas dari sang Polwan saya langsung pulang melanjutkan aktifitas.

67 komentar:

  1. wahh, untung ajah kemaren saya di tilang trus milih surat warna merah,, nice info :D

    BalasHapus
  2. saya ketilang pasal 287 tapi gak pake ayatnya kira kira denda berapa ya? yang ditahan STNK

    BalasHapus
  3. Mas Boay Ahmad, Kayaknya dendanya sama 75 ribu. Karena ketilang 1 pasal aja.

    BalasHapus
  4. Kalo tanggal sidang nya dimajuin, bisa gak Gan? Ane kena tilang nih, tapi pas tanggal sidangnya kebetulan ane ga bisa dateng. Tolong info nya Gan.

    BalasHapus
  5. Hendra Suherman: sepengetahuan saya tidak bisa, sudah aturannnya sidangnya 2 minggu setelah tilang. Datang aja setelah tgl sidang dan minta informasi di mana posisi sim atau stnknya yang ditilang sekarang.

    BalasHapus
  6. gan saya mau tanya nih, tadi magrib saya kena tilang, karena melanggar rambu, ditulis di surat tilang kena Pasal 287a, dan dikasih surat warna biru, disana ditulis disetorkan via BRI Sebesar Rp 500,000,- yang ditahan SIM ane.
    ane mesti bayar sebesar yang tertulis, atau bisa datang langsung ke tempat penyidak u mengambil SIM dengan membayar langsung ke penyidak tidak gan, ya berharap bisa lebih murah sih
    ditunggu jawaban nya ga
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sm sprti yg sy alami ba'da maghrib kmrn.. Ditilang dg surat warna biru dg pasal yg sama, krna mlenggar marka jalan.

      Hapus
  7. oh warna biru ya, sepengetahuan saya itu harus setor ke bank mas dan ambil sim nya di pengadilan sambil bawa bukti setornya. atau mas coba langsung ke pengadilan aja dulu terus kasihkan surat tilangnya ke petugas, tp kemngkinan tetap harus setor dulu k bank baru bisa ambil simnya. kenapa mas terima warna biru kenapa tidak yang merah?

    BalasHapus
  8. Siang gan..Pagi ini saya kena tilang 287(1) jolot (4) kira-kira kena berapa y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liga Thomas, emang melanggar apa mas? kalau pasal 287 kalo menurut UUD maksimal 500 ribu, kalo datang langsung ke pengadilan kmgkinan cuma 70 ribu an.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. hallo, saya baru kena tilang tapi kok dikasihnya yang warna putih ya?.. itu gimana aturannya min?, mohon infonya yah? makasih

    BalasHapus
  11. Maaf mas,saya baru kna tilang pasal 287 1 jo 106 4 dgn kendaraan roda 4.apakah denda nya sama dgn kendaraan roda 2 ?

    BalasHapus
  12. gan tadi saya abis di tilang dan kena 2 pasal 293 dan 281 kira kira nanti di pengadilan kena dendanya berapa ya ?

    BalasHapus
  13. Kalau JLNT Casablanca sama gak harga denda tilangnya? mohon infonya trims

    BalasHapus
  14. Siang gan, ane baru kena tilang di Latumenten tadi pagi karena masuk jalur Busway, ane dapet surat tilang warna merah, ditulisnya sih satu pasal, pasal 287 ( 1 ), tapi ada tulisan ( busway ) di bagian atas surat, kira kira nanti kena berapa ya gan di pengadilan ?
    Thanks .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah setau ane kalo yg ada tulisan buswaynya mahal banget gan, soalnya temen ane pernah bawa mobil ketilang gara gara busway, disurat tilangnya ada tulisan busway itu denda sejuta, karna waktu itu lagi gencar"nya polisi pada nilang dijalur busway.

      Hapus
  15. Malam gan ..saya baru kena tilang ,trs saya minta slip warna biru.kejadian di kota bogor.gmn cara pembayaranya sama pengambilannya..?terima kasih ditunggu infonya

    BalasHapus
  16. Malam gan ..saya baru kena tilang ,trs saya minta slip warna biru.kejadian di kota bogor.gmn cara pembayaranya sama pengambilannya..?terima kasih ditunggu infonya

    BalasHapus
  17. Malam gan ..saya baru kena tilang ,trs saya minta slip warna biru.kejadian di kota bogor.gmn cara pembayaranya sama pengambilannya..?terima kasih ditunggu infonya

    BalasHapus
  18. Malam gan ..saya baru kena tilang ,trs saya minta slip warna biru.kejadian di kota bogor.gmn cara pembayaranya sama pengambilannya..?terima kasih ditunggu infonya

    BalasHapus
  19. Malam gan ..saya baru kena tilang ,trs saya minta slip warna biru.kejadian di kota bogor.gmn cara pembayaranya sama pengambilannya..?terima kasih ditunggu infonya

    BalasHapus
  20. Wah sekarang udah naik yah biayanya jd 75 rb? biasa mah kena 50rb doang

    BalasHapus
  21. gan ane ditilang 2 pasal nih gan pasal 281, 280 terus ditulis tnkb juga
    itu kira2 biayanya brpa gan?

    BalasHapus
  22. Gan saya kena nya pembatasan R2
    Pasa 287 (1) . Kena berapa ya gann mohon infonya .. anak rantau nie di jakarta

    BalasHapus
  23. Sore gan, mohon infony dong untuk kendaraan roda 4 kena tilang pasal 287(1) denda brp kira2x kalau sidang?

    BalasHapus
  24. kalo kena pasal 287 ayat (1)itu denda nya sekitar Rp 75.000,-
    kalo kena dua Pasal ,,,, lumayan kalo buat nraktir orang

    BalasHapus
  25. Kalo 287 (1) ada tulisan busway buat roda dua skrg brp ya kenanya? Maksimalnya kan 500rb..
    Kena semalem di daerah jembatan dua jakbar.

    BalasHapus
  26. Mas saya kena pasal 287 ayat 1,
    #masuk busway, kira kira kena berapa ya mas

    BalasHapus
  27. Mas saya kena pasal 287 ayat 1,
    #masuk busway, kira kira kena berapa ya mas

    BalasHapus
  28. Mas kalo kena pasal 287 ayat 1 kena berapa ya ? #masuk jalur busway, ( mobil )

    BalasHapus
  29. Gan kalo misalnya ane di tilang karna melanggar rambu lalu lintas pasal 287 dan sim saya aja fi tahan saya ambil slip merah kira" dendanya berapa yaa gan

    BalasHapus
  30. Gan kalo misalnya ane di tilang karna melanggar rambu lalu lintas pasal 287 dan sim saya aja fi tahan saya ambil slip merah kira" dendanya berapa yaa gan

    BalasHapus
  31. kira2 biaya tahun pas agan ke tilang sama sekarang masih sama apa beda ?

    BalasHapus
  32. Sekarang udah naik gan,td ane baru dr pengadilan negeri jakarta pusat di jln bungur raya. Ane kena pasal 287 ayat 1 Juga,bayar 100rb. klo pake calo 200rb,tinggal pilih yg mana. Mau ambil sendiri atw calo. Ane sih mending ambil sendiri soalnya nunggunya sama lama juga. Klo pke calo nunggunya di parkiran panas. Mending langsung nunggu di dalem ruangannya AC.

    BalasHapus
  33. Kalo pasalnya 287 (1) dan 288 (1) bayar dendanya kira" berapa ya bro ???

    BalasHapus
  34. Sore gan ane butuh bantuan ane baru aj ke tilang dan kena dua pasal:287&281 kira" berapa ya denda nya

    BalasHapus
  35. Sore gan, makasih byk ya.. Sangat membantu. Aq juga tdi pagi di tilang karena melanggar pasal 287.. Skl lagi makasih ya gan

    BalasHapus
  36. Sore gan, makasih byk ya.. Sangat membantu. Aq juga tdi pagi di tilang karena melanggar pasal 287.. Skl lagi makasih ya gan

    BalasHapus
  37. Siang gan,,update ni,,
    Saya kena tilang pasal 287 ayat 1 kira² berapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sidang tanggal 25 november kah gan ??

      saya jg kena tilang tapi pasalnya cmn 287 aja gk ada ayat nya .. gara2 naik overfly yg di jl,letjen suprapto ke cempaka putih (motor) .. saya nanya sama om saya yg pnya kenalan polisi , katanya sih kena 100k disidang nanti ..

      Hapus
  38. kalo pasal 287 a salah jalan , kira2 kena brp ya?

    BalasHapus
  39. gan ane kena tiga pasal 281, 291(1), dan 291(2) kira kira kena brapa ya?

    BalasHapus
  40. Mas mhon infonya..klo sya lgsng ikut sidang dipengadilan pke slip biru tnpa ke bri bsa ga ya..soalnya bsok tgl 10 sya sidang..apa bsa byar dipengadilan mas?mhon infonya tks

    BalasHapus
  41. Mas mhon infonya..klo sya lgsng ikut sidang dipengadilan pke slip biru tnpa ke bri bsa ga ya..soalnya bsok tgl 10 sya sidang..apa bsa byar dipengadilan mas?mhon infonya tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana mas hasil sidangna? report donk, kebetulan habis kena juga

      Hapus
  42. Maaf gan numpang tanya klo ditilangnya setahun yang lalu. Kira2 simnya masih ada gk yah dan ngambilnya dmn biasanya hehe thnks gan

    BalasHapus
  43. Klo kena 281 kga ada sim denda max 1 juta brti mesti bayar 1jt gitu semua ?

    BalasHapus
  44. Klo kena 281 kga ada sim denda max 1 juta brti mesti bayar 1jt gitu semua ?

    BalasHapus
  45. Maaf gan ane tadi salah jalan melawan pergoden terus saya di stop oleh pak polisi lalu saya di tilang di kasih tilang warna biru biaya denda 500 ribu, terus gmn cara pembayaran nya bisa kah melalui sidang terus kira kira kena berapa biaya di persidangan nanti saya kena pasal 287

    BalasHapus
  46. Tadi sy kena tilang putera arah padahal di larang kena pasal 287 di kasih surat tilang warna biru di suruh ikut sidang, itu kena berapa ya?

    BalasHapus
  47. Maaf....pasal 217 ada gk ya....seumur2 bru ini kena tilang.....dan apa bunyi pasal

    BalasHapus
  48. untk skrng kena pasal 287 ayat 1 ini smpk brp yaa

    BalasHapus
  49. Saya baru aja kena tilang pasal 287 ayat 1 dikarena ganjil genap tp saya dikasih slip biru.kira2 berapa yaa bayarnya

    BalasHapus
  50. klu 287 ayat 2 brpaan min...
    klu harus sidang

    BalasHapus
  51. Saya mauk jalur ganjil genap gan...saya kena tilang biru pasal 287 (1) brapa denda yg hrus d byar ny y?

    BalasHapus
  52. Saya masuk jalur ganjil genap teris kna tilang pasal 287 (1)berapa denda nya yg hrus d byar tilangnya biru?

    BalasHapus
  53. If I got 281, did I have a fine of max 1 million, I would have to pay 1 million like that?

    Sap Hybris Training From India

    Sailpoint Training From India

    BalasHapus