Rabu, Maret 18, 2009

APA PUN TARUHANNYA KOMITMEN MENCIPTAKAN PERBEDAAN

(dikutip dari buku Quantum Business Oleh Bobbi DePorter & Mike Hernacki)
PERINGATAN: Tulisan ini sangat bermanfat bagi mereka yang sudah menuliskan visi misi hidupnya jika belum tulislah dan visualisasikan.

Teguhkanlah diri Anda dan lihatlah apa yang terjadi

Berkomitment pada sesuatu sesungguhnya merupakan proses dua langkah: Pertama Anda harus menemukan keinginan Anda dan kemudian Anda harus memutuskan untuk menjalankannya, tak peduli apa pun juga.

Penemuan: Pikirkan Tentang Apa yang Membuat Anda Tertarik

Apa yang menggairahkan Anda? Apa yang menyalakan hasrat Anda? Apa yang mendorong Anda untuk bermimpi? Apa yang membangkitkan visi Anda? Sebelum mendirikan Burklyin Business School dan SuperCamp, saya mempunyai bayangan yang jelas dalam benak saya tentang belbagai kemungkinan yang dimiliki program ini. Saya dapat melihat,mendengar, dan merasakan pelbagai kemungkinan tersebut, dan saya merasa terdorong untuk mewujudkannya.

Mitra saya dan saya begitu bersemangat dengan gagasan tentang SuperCamp sehingga membawa kami melewati ketidakpastian, persoalan, dan krisis program pertama. Semangat ini menular, menyebar kepada orang-orang lain yang menjadi tertarik untuk mengirim anak-anak mereka pada petualangan dalam belajar ini. Di hari terakhir SuperCamp pertama, saya melihat anak-anak yang saat pertama datang pemalu dan menarik diri kini berdiri di depan seluruh kelompok dan menyatakan dengan lantangkebanggan diri mereka. Mereka mengatalan komitmen mereka untuk memanfaatkan keterampilan baru dam menjalani hidup dengan 8 kunci.

Ketika saya mendengar pernyataan mereka, saya merasa takjub. Pada saat itu saya berfikir,”inilah komitmen saya; inilah tujuan hidup saya-melahirkan program yang mendorong pemuda.” Peristiwa itu tahun 1982 dan saya masih terikat dengan visi saya hingga sekarang seperti halnya hari terakhir SuperCamp pertama.

Keputusan

Begitu Anda menemukan visi Anda, Anda harus memutuskan apakah Anda ingin melakukan apa pun taruhannya untuk membuat visi tersebut terwujud. Berapa banyak waktu, uang ,dan energi yang mau Anda pertaruhkan? Tekanan apa yang akan menimpa keluarga, teman, dan pasangan Anda? Apakah Anda siap untuk menceburkan diri Anda ke dalam proyek ini dengan sepenuh hati dan tanpa penyesalan? Apakah ini waktu yang tepat dalam kehidupan Anda untuk melakukan komitmen ini?

William Hutchinson Murray (The Scottish Himalayan Ekspedition 1950) mengatakan:
Sampai tiba saatnya seseorang berkomitmen, maka akan selalu ada keraguan, peluang untuk mundur, selalu dalam ketidakefektifan. Dengan memprtimbangkan tindakan inisiatif (dan penciptaan), terdapat satu kebenaran mendasar, ketidaktahuan yang mematikan gagasan-gagasan dan rencana-rencana yang menakjubkan yang tak terhitung jumlahnya: saat seseorang dengan pasti berjanji pada dirinya, maka kemudian Tuhan bertindak. Segala macam hal muncul untuk membantu orang, yang bila ia tidak berkomitmen, maka semua ini tidak akan terjadi. Seluruh aliran peristiwa keluar dari keputusan, memunculkan kepentingan seseorang dari semua bentuk kebetulan yang tidak diramalkan dan pertemuan serta bantuan material, yang tidak seorang pun akan bermimpi akan terjadi pada dirinya. Saya telah mempelajari dengan rasa hormat yang mendalam satu bait syair dari Goethe:
Apa pun yang dapat enkau lakukan,
atau engkau impikan dapat engkau lakukan, mulailah.
Keberanian memiliki kejeniusan, kekuatan dan keajaiban di dalamnya.

Ketika Anda mempunyai visi yang kuat, tampaknya seakan-akan Anda tidak memilki pilihan kecuali menetapkan komitmen. Anda harus melihat keseluruhan proyek tersebut. Tujuan Anda jelas dan menarik minat dan Anda terdorong untuk mewujudkannya, terlepas dari berapa rintangan yang mungkin Anda hadapi.

Setiap bisnis baru diawali dengan satu orang yang berjanji untuk mewujudkan visi tersebut. Orang ini harus memiliki keteguhan untuk terus maju sampai dia meraih tujuannya. Ketika saya memulai program SuperCamp yang pertama, saya dapat membayangkannya, saya dapat melihat kelanjutannya sepuluh tahun berikutnya. Bucky mengatakan,”Temukan sesuatu yang harus dilakukan, dan lakukanlah.” SuperCamp jelas sesuatu yang harus dilakukan, dan saya tertarik dan terdorong untuk melakukannya.

Ketika pertama kali saya membuat komitmen untuk memulai SuperCamp, saya memiliki gambaran jelas tentang bentuk programnya-tapi hanya inilah yang saya miliki. Ini terjadi tidak lama setelah saya kehilangan semua modal saya benar-benar sangat terbatas. Akan tetapi, tidak masalah apa yang diperlukan untuk menjalankan program ini; saya tahu kami dapat melakukannya.

Mendapatkan pinjaman dengan jaminan mobil saya, satu-satunya aset saya yang masih ada, saya membiayai program pertama. Ini tidak seperti suatu pengorbanan atau penderitaan yang berat karena tidak terlintas di benak saya tentang apakah akan melakukan hal ini atau tidak. Saya berhasrat dan berjanji untuk mewujudkannya.

Komitmen didorong oleh AMBAK (Berfikir: Apa Manfaat Bagiku) Anda, dan ini biasanya lebih besar daripada keuntungan finansial. Ini bisa jadi hanyalah kegembiraan dan kepuasan kerena melihat visi Anda menjadi nyata.

Apakah Anda Pengukur Suhu (Termometer) ataukah Pengatur Suhu (Termostat)

Ketika membicarakan komitmen dan menjalani kehidupan Anda, Anda dapat memilih menjadi termometer atau termostat. Termometer hanyalah sebuah tabung gelas kecil dengan sedikit merkurium di dalamnya. Masukan ke dalam kulkas, maka merkurium ini akan menyusut; arahkan ia ke cahaya matahari, maka merkurium ini akan mengembang. Termometer tidak meraih apa pun; ia tidak mengubah apa pun. Termometer hanyalah merefleksikan lingkungannya. Pilihlah menjadi termometer berarti memilih untuk tetap nyaman, tidak mempunyai pengaruh pada dunia, menghindari tantangan dan perubahan.

Sebaliknya, termostat mempunyai kekuatan untuk merubah lingkungannya. Hidupkan tombol termostat dan ia dapat membuat temperatur dalam ruangan berubah dari musim dingin ke musim panas. Komitmen pada visi yang jelas memberikan Anda kekuatan untuk mempengaruhi perubahan’ daripada beradaptasi pada kehidupan Anda ” yang melimpah” dan merefleksikan lingkungan Anda seperti termometer, Anda mempunyai potensi seperti termostat, untuk mengubahnya. Anda dapat menciptakan kembali lingkungan Anda untuk merefleksikan visi Anda. Saat Anda mengenali dan belajar menggunakan kekuatan komitmen, Anda dapat menjadikan kehidupan Anda suatu tantangan yang menarik dan memuaskan. Seperti Bucky Fuller, Seperti setiap orang yang pernah berhasil mengatasikesulitan, hanya dengan keinginan untuk melakukan apa pun taruhannya, Anda sesungguhnya dapat mengubah dunia.

1 komentar: